Pria AS Buat Video Teroris




Polisi menangkap seorang laki-laki warga Arizona, AS karena membuat film tentang teroris yang berkeliaran di jalan hanya untuk menguji kecepatan respon polisi.

Michael David Turley (39) ditangkap pada Senin (25/9) lalu. Dalam video buatannya dia merekam keponakannya yang berusia 16 tahun berjalan-jalan di jalanan kota sambil membawa peluncur granat palsu dan berdandan ala teroris dengan menggunakan penutup wajah.

Narator dalam film itu mengatakan aksi ini bertujuan untuk mengetahui seberapa cepat reaksi polisi menghadapi keadaan semacam ini. Si pembuat film mengatakan polisi membutuhkan waktu 15 menit untuk merespon.

Video amatir yang dibuat delapan hari setelah tragedi penembakan saat pemutaran perdana film Batman itu diunggah ke YouTube. Di situs itu film tersebut diberi judul "Dark Knight Shooting Response, Rocket Launcher Police Test."

Setelah ditahan Turley didakwa melakukan aksi yang menyerupai tindakan terorisme, melakukan hal berbahaya, berkontribusi terhadap pidana ringan yang melibatkan simulasi bahan peledak.

Dia dibebaskan dari tahanan dengan jaminan 5.000 dolar AS atau sekitar Rp 45 juta. Namun jika di pengadilan dia terbukti bersalah maka Turley terancam hukuman 45 bulan penjara.

"Kami menganggap hal semacam ini sangat serius. Perbuatannya sama sekali tidak lucu," kata juru bicara kepolisian Phoenix, James Holmes.

Polisi mengatakan tiba di lokasi di mana keponakan Turley 'berakting' dalam waktu tiga menit setelah menerima banyak panggilan dari masyarakat yang melihat seseorang mengacung-acungkan senjata.

Holmes mengatakan polisi tidak menahan keponakan Turley yang berusia 16 tahun itu.

"Video itu menjelaskan kepada kami apa yang ingin dilakukan Turley. Dia menciptakan teroris khayalan berdasarkan pemikirannya sendiri," tambah Holmes.

Nampaknya Turley kini bisa belajar bahwa bercanda pun ada batasnya.

0 Response to "Pria AS Buat Video Teroris"

Posting Komentar