Exclusivemu : Foto-foto Monumental Dibalik Peristiwa Bersejarah

Banyak peristiwa bersejarah di dunia, namun banyak yang tidak tahu karena tidak terdokumentasi dengan baik.

Mari kita simak sedikit contoh gambar/foto-foto bersejarah yang legendaris, kontroversial dan monumental
1. Manusia Pertama di Bulan (Neil Armstrong pada 20 Juli 1969)
Foto ini sempat mengundang perdebatan karena ada yang mencurigai foto pendaratan manusia pertama di bulan ini palsu dan sengaja dibuat Amerika Serikat untuk mengalahkan Uni Soviet dalam perlombaan teknologi karena saat itu Soviet dan Amerika sedang perang dingin. Walaupun demikian, sampai sekarang belum ada yang berhasil membuktikan keaslian foto tersebut. Neil Armstrong masih dipercaya sebagai manusia pertama yang menginjakkan kaki di bulan.

2. Pengibaran Bendera Amerika Serikat di Iwo Jima saat Perang Dunia II (1942)
Enam orang tentara Amerika Serikat berhasil menancapkan dan mengibarkan bendera negaranya di Gunung Suribachi, Iwo Jima, Jepang
Foto yang diambil Joe Rosenthal ini mengembalikan semangat dan rasa percaya rakyat Amerika yang sudah lelah berperang. Tiga dari enam tentara itu tewas di Iwo Jima. Sementara sisanya ditarik dari medan perang dan menggalang dana untuk menghentikan perang. Tapi, karena tindakan orang-orang dalam foto ini dianggap terlalu ‘heroik’, jadi banyak pihak yang menyangsikan keasliannya. Para wartawan di zaman itu mencurigai kalau foto ini dibuat di dalam studio Hollywood dengan tujuan propaganda. Namun sampai kini dugaan itu tidak pernah bisa dibuktikan.

3. Korban Bom Napalm Saat Perang Vietnam (8 Juli 1972 di Trang Bang)
Anak perempuan tanpa busana dalam foto tersebut bernama Phan Thi Kim Phic yang berlari dengan tubuh terbakar dalam penyerangan pesawat Angkatan Udara Amerika Serikat terhadap gerilyawan Vietkong dengan bom Napalm di daerah Trang Bang ini, berhasil diselamatkan oleh Nick Utt (fotografer yang membuat foto ini) dengan menyiramkan air ke anak perempuan tersebut setelah ia memotret untuk foto ini. Anak perempuan dalam foto tersebut dijadikan simbol Anti Perang Vietnam.

Masih banyak foto lain yang legndaris bahkan memenangi penghargaan pulitzer serta membuat fotografernya bunuh diri.

0 Response to "Exclusivemu : Foto-foto Monumental Dibalik Peristiwa Bersejarah"

Posting Komentar